Jumat, 07 Desember 2012

Rangkaian Bel

Gambar skema Rangkaian Bel beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian Bel adalah sebuah rangkaian yang terdapat indikator untuk sebagai isyarat pada saat tertentu. Rangkaian bel banyak sekali kegunaannya. Pada saat ini bel sering di pasang di bagian pintu rumah, di sekolah, kantor atau pabrik pabrik besar sebagai penanda adanya suatu pristiwa. Bel yang sering di pasang di pintu rumah bertujuan untuk mengetahui keberadaan tamu, sedangkan bel yang terdapat di sekolah tujuannya untuk tanda di mulai nya belajar atau berakhirnya kegiatan belajar.
Berikut ini gambar skema rangkaian bel :
Rangkaian Bel
Daftar Komponen yang di gunakan :
R1 = 27 k
R2 = 68 k
C1 = 100 mikro F/12 Volt
C2 = 0,02 mikro F
C3 = 50 mikro F/12 Volt
TR1 = BD136, 2SB243, 2SB493, 2SB474
TR2 = BD135
Speaker = 2 inchi
Perkembangan rangkaian bel sudah banyak, tapi yang paling sering di gunakan ada dua, yaitu bel listrik dan bel digital. Bel listrik adalah bel yang menggunakan prinsip elektromagnetik. Cara menghubungkan bel listrik dengan prinsip elektromagnetik yaitu dengan menjadikan besi yang terdapat dalam bel menjadi magnet sementara yang nantinya akan di gunakan sebagai pemukul berulangkali secara cepat sehingga dapat menghasilkan bunyi yang keras. Bel listrik merupakan bel yang paling sederhana.
Sedangkan bel digital merupakan sebuah perkembangan dari bel listrik yang di buat dengan chip berbentuk microchip yang dapat di masukan sejumlah data. Namun dalam bel digital membutuhkan komponen tambahan seperti speaker dan amplifier yang di gunakan untuk pengeras suara. Kelebihan dari bel digital adalah dapat mengeluarkan suara sesuai program yang kita buat, seperti suara binatang, suara manusia hingga suara bel yang biasa di gunakan. Rangkaian bel yang kini banyak di kembangkan oleh masyarakat luas adalah bel digital yang banyak di gunakan di sekolah, kantor, pabrik, terminal, stasiun, tempat wisata dan bandara. Itu karena perkembangan teknologi digital yang lebih luas, sehingga memungkinkan orang untuk membuat bel listrik konvensional atau bel otomatis.
Rangkaian bel yang satu ini hanya menggunakan software yang ada di dalam chip untuk menjalankan bel digital. Sehingga dapat di setel sesuai keinginan waktu jam menit dan detik untuk membunyikan bel secara otomatis. Bahkan kita juga bisa merekam sesuai narasi dan dapat di jadikan suara untuk bunyi bel.
Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian bel, semoga rangkaian kali ini bermanfaat dan berguna. Baca juga artikel lainnya tentang Rangkaian Sirine dan Rangkaian Adaptor.
Load disqus comments

0 komentar