Minggu, 21 April 2013

Rangkaian Mini Audio Amplifier

Rangkaian Mini Audio Amplifier adalah rangkaian penguat audio sederhana dan murah yang cocok untuk radio saku kecil dan gadget lainnya. Rangkaian audio amplifier portabel ini didasarkan pada semikonduktor IC TDA7052. Rangkaian ini bahkan dapat dijalankan dari batere cell.
IC TDA7052 adalah penguat output mono  yang datang dalam paket DI Package (DIP). Perangkat ini terutama dirancang untuk dioperasikan dengan baterai. Fitur dari TDA 7052 meliputi, tidak ada komponen eksternal diperlukan, tidak ada suara klik switch-on atau switch-off , stabilitas keseluruhan bagus, sangat rendah konsumsi daya (4mA arus diam), rendah THD, tidak memerlukan lempeng pendingin dan hubungan arus pendek.
Oya, di bawah ini tak lupa kami sertakan gambar skema Rangkaian Mini Audio Amplifier. Silakan lihat-lihat dan pelajari.
Gambar Skema Rangkaian Mini Audio Amplifier
Gambar Skema Rangkaian Mini Audio Amplifier
Keuntungan dari TDA 7052 adalah tetap secara internal pada 40 dB. . Untuk mengimbangi pengurangan daya output karena pasokan tegangan rendah TDA7052 menggunakan prinsip Bridge-Tied Load (BTL) yang dapat memberikan output sekitar 1 sampai 2 W RMS (THD = 10%) menjadi beban 8 Ohm dengan power supply dari 6 V.
Rangkaian potensiometer dapat digunakan untuk mengontrol volume C1 dan C2. Kapasitor dimaksudkan untuk menyaring supplyvoltage jika baterai eliminator digunakan sebagai sumber operasi. Untuk pasokan menggunakan batere,  C1 dan C2 tidak diperlukan.
Oke deh, selamat mencoba Rangkaian Mini Audio Amplifier dan semoga berhasil. Bila ada kesulitan dalam merakitnya, Anda bisa konsultasi kepada hobyist atau teknisi elektronika
Load disqus comments

0 komentar