Senin, 23 November 2015

Pengertian Dioda Zener

Apa itu Dioda Zener ?


Kali ini saya akan membahas tentang apa itu Dioda Zener , fungsi nya dan bagaimana cara kerja nya.
Pengertian Dioda Zener adalah dioda yang memiliki karakteristik alur listrik yang berbeda dari Dioda biasa, Dioda Zener menyalurkan arus listrik yang mengalir ke arah yang berlawanan .
Jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan tembus" (Breakdown voltage) atau "Tegangan Zener". Ini sangat berlainan dengan dioda biasa yang mengalirkan arus listrik secara satu arah.

Dioda yang biasa tidak akan mengalirkan listrik jika di rangkai secara terbalik dan jika di catu-balik (reversed-biased) di bawah tegangannya dioda akan rusak. Jika dibawah tegangan operasional (menurut tipe dioda nya), dioda akan panas dan jika terlalu lama , dioda akan menjadi rusak atau terbakar (gosong). Namun proses ini akan terjadi apabila Reversibel (dipasang secara ternalik) dilakukan diluar batas kemampuan.

Tetapi jika dipasang secara Percatuan Maju (pemasangan menurut gambar anak panah), dioda ini akan memberikan tegangan jatuh sekitar 0.6 volt yang biasa untuk dioda silikon. Tegangan Jatuh ini tergantung dengan dioda yang digunakan.

Sebuah Dioda Zener memiliki sifat yang hampir sama dengan dioda biasa ,kecuali bahwa alat ini sengaja dibuat dengan tegangan tembus yang jauh dikurangi, disebut tegangan Zener.

Bentuk dari Dioda Zener


Simbol dari Dioda Zener


Sumber :




Load disqus comments

0 komentar